Bahas Infrastruktur Maritim, Gubernur BI dan Menko Maritim Merapat ke Batam

Bank Indonesia (BI) kembali menggelar rapat koordinasi (rakor) tiga bulanan bersama Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Kali ini, rapat akbar BI digelar di Batam, Kepulauan Riau pada Jumat (12/8/2016).

Tema yang diangkat yaitu mempercepat pembangunan infrastruktur maritim untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang kelanjutan dan mendorong kepariwisataan.

“Kalau bicara kemaritiman paling tidak akan bicara pelayaran, perkapalan, pelabuhan, perikanan, dan tentunya kepariwisataan,” ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara di Batam, Kamis.

Sejumlah pejabat yang dipastikan hadir yakni Gubernur BI Agus Martowardojo, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri PAN-RB Asman Abnur, dan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Regional I Sumatera BI Dian Ediana Rae menuturkan, rakor tersebut akan mencoba melihat secara mendalam persoalan dan dinamika ekonomi daerah terutama di Sumatera.

Sumatera merupakan pulau kedua penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi nasional. Peringkat satu masih ditempati Pulau Jawa.

“Kalau kita perdalam, kita sedang kurang beruntung karena ekonomi Sumatera ini sangat bergantung kepada harga komoditas yang kebetulan saat ini sedang terpukul,” kata Dian.

Oleh karena itu, bank sentral menilai pentingnya mendorong sejumlah sektor untuk menumbuhkan ekonomi Sumatera seperti percepatan pembangunan infrastuktur, konektivitas, hingga hilirisasi produk.

Rencananya selain dihadiri jajaran menteri, rakor tersebut juga mengundang sejumlah pimpinan daerah di Sumatera.

BAGIKAN