Dalam Moment HUT Sawahlunto, Walikota Deri Asta : Penyerapan Tenaga Kerja Diberbagai Bidang Telah Tercapai

Silletnews.com, Sawahlunto – Mengemban amanah sebagai Walikota dan Wakil Walikota Sawahlunto sejak dilantik pada 17 September lalu, Deri Asta – Zohirin Sayuti melakukan berbagai program yang menjadi target 100 hari pertama pemerintahannya.

Saat Hari Jadi Kota Deri Asta menyebutkan program yang telah tercapai diantaranya mengembangkan skill generasi muda melalui BLK pelatihan montir sepeda motor, mobiler dan kelistrikan. Kemudian membuat MOU dengan perusahaan swasta untuk menyerap tenaga kerja.

Dalam rangka membuka kesempatan kerja pihaknya juga akan membuka Jobfair dari 12-14 Desember 2018.

Di bidang pertanian memberi bantuan bibit manggis dan pinang dan germas pemangkasan kakao serta pemberian pupuk NPK.

Di bidang pendidikan telah diserahkan reward bagi tamatan SLTA Kota Sawahlunto yang diterima di peguruan tinggi negeri dan swasta yang terakreditasi A dan B sebanyak 200 orang dengan anggaran 200 juta rupiah.

Juga penandatanganan MOU dengan Batam Tourism Politeknik terkait pendirian peguruan tinghi pariwisata di Sawahlunto serta penansatanganan MOU dengan PT.Duta Digital Infirmatika Jakarta terkait penyelenggaraan pendidikan dengan sistem google for education.

Di bidang kesehatan sebanyak 16.149 jiwa warga Sawahlunto yang yang belum memiliki jaminan kesehatan, pada 10 November telah didaftarkan di JKN- KIS BPJS dengan anggaran dari APBD. Sehingga dari data sementara per November 2018, sudah 97,20% penduduk yang memiliki jaminan kesehatan.

Di bidang pemukiman tahun 2018 program Bedah Rumah tak layak huni akan diberikan kepada 49 rumah dengan anggaran rehab Rp 15 juta per KK dan upah tukang Rp 2,5 juta per KK.

Kami juga telah mengusulkan ke Kementrian PUPR bantuan rehab 200 rumah dan sarana lingkungan untuk tahun 2019.

Walikota juga mengatakan pihaknya akan memfasilitasi bantuan permakanan untuk lansia miskin non produktif berupa bantuan asistensi bulanan.

Di bidang keagamaan, di ultah Kota yang ke 130 kita dapat menyaksikan Ustad kondang Abdul Somad pada Tabligh Akbar di Lapangan Ombilin yang cukup memberi dampak besar terhadap antusias masyarakat menjalankan kehidupan beragama.

“Keberhasilan ini hendaknya menjadi energi positif untuk bersama melewati tantangan kedepan” pungkas Walikota.(SN.Atn/humas)

BAGIKAN