Desa Lunto Barat Terapkan Budidaya Lele untuk Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

 

Silletnews.com, Sawahlunto – Gebrakan Bumdes Karya Sejahtera Desa Lunto Barat dengan menerapkan budidaya lele untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, Budidaya Lele sangat diminati para peternak karena pasarnya yang terus berkembang serta memanfaatkan persediaan air yang melimpah.

Dalam memberikan pelatihan kepada masyarakat, Desa Lunto Barat menggandeng Smart Desa Indonesia (SDI) sebagai narasumbernya. Bumdes Karya Sejahtera mendapat kucuran dana segar sebesar Rp50 juta dari Kementrian Desa guna pengembangan unit usaha Bumdes.

“Melihat potensi yang ada di Desa Lunto Barat banyak peluang usaha yang dapat dikembangkan dengan adanya sumber air yang memadai dan melihat antusias masyarakat yang hadir mendorong SDI turut ambil andil dalam pendampingan baik dari unit usaha yang akan dikembangkan Bumdes serta Desa. SDI terus memberikan support sehingga menjadi desa mandiri dan masyarakat sejahtera”, ujar Indra Sukriani selaku Direktur SDI di kantor Desa Lunto Barat, Selasa (12/2).

Aldo Hilal selaku pendamping Desa mengatakan bahwa pelatihan yang diberikan SDI sangat bermanfaat bagi masyarakat guna membuka peluang usaha bagi masyarakat sehingga dapat menjadi unit usaha mandiri dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Dari persiapan 40 kolam kami sudah progreskan 16 kolam untuk memulai budidaya lele ini,” ungkapnya.

Lanjut Aldo, ia menyebutkan akan langsung mempraktekkan budidaya Lele ini dari pembesaran bibit, perawatan, tata kelola hingga panen, bahkan mengolah menjadi Salai Lele sehingga mempunyai harga jual yang tinggi dengan mengikuti pelatihan dan pendampingan langsung dari SDI. (SN.Anton)

BAGIKAN