DPRD Anambas: Ditindak Tegas PNS Tak Disiplin

sidakanambas8Anambas – Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) minta Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menindaklanjuti hasil inspeksi mendadak DPRD KKA ke sejumlah dinas, beberapa waktu lalu. BKD harus memberikan sanksi terhadap Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang tidak disiplin.

Yusli, anggota DPRD KKA dihadapan sejumlah PNS dan PTT di Dinas Tenaga Kerja KKA mengatakan, sidak yang dilakukan tidak ada tebang pilih. Legisltif, kata dia, hanya menjalankan salah satu tugasnya, yakni mengawasi jalannya pemerintahan.

“Mereka yang tertangkap saat sidak ini mesti dijatuhi sanksi sesuai dengan aturan, supaya menimbulkan efek jera,” kata Yusli, Senin (13/6).

Bukan hanya itu, sebut Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu, di lapangan pihaknya menemukan sejumlah persoalan yang mesti dibenahi, diantaranya PNS yang tidak masuk kantor namun absennya tetap jalan. Lalu, PNS atau PTT yang datang hanya absen saja setelah itu keluar kantor atau pulang tanpa urusan jelas. Kemudian, PNS berangkat dengan SPT yang menyusul, terakhir di kantor PTSP, di mana PNS dapat izin sampai 10 hari lamanya.

“Sesuai aturan izin itu hanya bisa dua hari, jika lebih maka dianggap menggunakan masa cuti, jika tidak hadir maka akan diberikan TK,” ucapnya.

Terpisah, Sekretaris Komisi I, Ayub minta aplikasi absen online dibuat pada apel pagi dan apel sore. Hal ini mengingat banyak kejadian pada apel pagi PNS hadir saat sore tidak masuk kantor lagi.

“BKD harus buat aplikasi absen online pagi maupun sore, soalnya aplikasi hanya absen pagi ini dimanfaatkan oknum PNS untuk bermain-main sehingga masuk hanya pagi saja,” kritiknya.

Sementara itu, Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Linda Maryati mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti hasil temuan anggota DPRD. Ia berjanji segera memberikan rekomendasi tentang sanksi yang akan diambil.

“Ini akan kita tindak lanjuti, apa yang menjadi temuan DPRD di lapangan,” tegasnya. (yud)
Sejumlah anggota DPRD yang melakukan sidak beberapa waktu lalu, yakni Yusli, Firman Edy, Ayub, Mulyadi, Yulius, dan Jasril Jamal Muhammad Dai.

(Mb/Haluankepri)

BAGIKAN