Formalin dan ACT Gelar Aksi Penggalangan Dana untuk Korban Gempa Sulawesi

Silletnews.com, Sawahlunto – Peduli bencana Palu dan Donggala Sulawesi Tengah yang diterkena gempa berkekuatan 7.4 SR dan Tsunami beberapa waktu lalu, Forum Masyarakat Lintas Generasi (Formalin) kembali menggalang dana didepan Gedung Pusat Kebudayaan (GPK) Sawahlunto, Rabu (3/10/2018).

Formalin bekerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumbar dengan tema #SUMBAR BERSAMA PALU & DONGGALA dalam menyalurkan bantuan, Formalin dan ACT juga menerima bantuan berupa beras, makan Siap saji, peralatan masak, obat-obatan, tenda atau terpal, air minum, pakaian baru, pembalut wanita, popok bayi, selimut, perlengkapan kebersihan, alas tidur dan makanan bayi.

“Ini merupakan bentuk peduli kami pada bencana yang menimpa saudara kita di Palu dan Donggala beberapa waktu lalu, dalam forum ini kami mencoba menggalang dana dari pengendara,” ujar ketua Formalin, Eraflah Bharny bersama sekretaris, Enggo Daus Datuak Mangkuto Marajo dan relawan lainnya didepan Gedung Pusat Kebudayaan (GPK).

Eraflah mengatakan, akan menargetkan aksi solidaritas ini selama 15 hari kedepan, relawan juga bergerak door to door dan disekitar pasar Sawahlunto. Sedangkan posko Kegiatan ini berada didepan Gedung Pusat Kebudayaan (GPK).

Dia berharap kegiatan ini dapat menjadi penyalur dari masyarakat Sawahlunto yang ingin memberikan bantuannya pada bencana di Palu dan Donggala “Kita berharap pemerintah daerah juga ikut andil dalam penggalangan dana ini, sehingga bantuan dari Sawahlunto satu pintu untuk di serahkan ke Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumbar,” ujarnya.

Diketahui, Formalin merupakan suatu forum terbuka yang tergabung dari beberapa komunitas. Hingga sekarang formalin sudah didukung beberapa komunitas dan organisasi seperti Komunitas Silo Adventur, MCP PP Sawahlunto, FCBI, Madridista, SAMVIC, KNI/Bone Padang, Sapu Jagat, Jejaka, KPPS/11-12, JAT, PWI, PWRI, Oke Lapseg, Rumah Keadilan, PAKAK, HEN CELL, 3 D seluler.

Formalin sangat terbuka untuk komunitas dan organisasi lainnya untuk bergabung dalam penggalangan dana ini, untuk hari pertama Formalin berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp3.918.000.

“Jika dana telah terkumpul nantinya kami akan melakukan transfer rekening pada penggalang dana Palu dan Donggala atau jika berkemungkinan akan ada perwakilan langsung yang akan terjun ke Palu dan Donggala,” ujarnya lagi.

Pada kegiatan penggalangan dana peduli Lombok yang lalu, Formalin berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp11.704.000 dan 2 ton bantuan pakaian layak pakai yang disalurkan langsung melalui ACT Sumbar Jl. S. Parman No. 170 C Ulak Karang Selatan, Padang Utara, Kota Padang.(SN.atn)

BAGIKAN