Kanal Meluber, Bengkong Swadeby Terendam Hingga 1 Meter

–, Batam – Banjir cukup besar terjadi di pemukiman padat penduduk Bengkong Swadebi, Sabtu siang (11/6) hingga ketinggian air mencapai satu meter. Banjir yang disebabkan kanal utama yang mengalirkan air dari Bengkong sekitarnya tidak mampu lagi menampung luapan air hujan yang turun dari pagi hingga sore hari.

Berdasarkan pantauan –, warga yang terkena dampak banjir nampak sibuk menyelamatkan barang-barang peralatan rumah agar tidak terkena air. Warga yang rumahnya tergenang air, untuk sementara terpaksa mengungsi ke rumah tetangga. Namun menjelang malam hari, air sudah mulai surut seiring berhentinya hujan yang turun.

Warga dilokasi mengaku bahwa banjir di Bengkong Swadeby ini memang sering terjadi jika curah hujan turun cukup deras. Selain lokasi Bengkong Swadeby yang rendah dari daerah lainnya di Bengkong, kanal yang sudah dangkal dan sempit diduga tidak mampu menampung debit air yang turun. Ditambah lagi kebiasaan buruk sebagian warga yang masih membuang sampah ke parit sehingga terjadi penyumbatan arus air. (mb/iswandi)

BAGIKAN