KPU Kota Sawahlunto Gelar Jumpa Pers Paparkan Persiapan Pileg dan Pilpres 2019

Silletnews.com, Sawahlunto – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto gelar jumpa Pers, Senin (18/3/2019) di halaman kantor KPU Kota Sawahlunto. Ketua KPU Kota Sawahlunto Fadlan Armey berharap rekan jurnalis dapat memberikan informasi kepada masyarakat hingga pesta demokrasi selesai.

Lebih lanjut ia menjelaskan beberapa rangkaian yang telah dilaksanakan oleh KPU seperti, Pemilih yang terdaftar dalam DPT, DPT tambahan, Daftar Pemilih Khusus hingga mensosialisasikan kepada masyarakat dengan dibantu oleh Relawan demokrasi yang terbagi dari 10 divisi.

“Logistik, sortir dan pelipatan surat suara mudah-mudahan selesai hari ini,” ucapnya didepan puluhan jurnalis ‘Kota Arang’ Sawahlunto.

Sementara itu Rika Arnelia selaku divisi perencanaan data, perkembangan data pemilih mengungkapkan bahwa alur daftar perjalanan daftar pemilih tetap untuk Pemilu 2019 sudah ditetapkan sebanyak 45.778 pemilih.

Yang termasuk DPTb (daftar pemilih tambahan) yaitu pemilih yang telah terdaftarkan dalam DPT di suatu TPS, tetapi keadaan tertentu pemilih tidak dapat menggunakan haknya untuk memilih di TPS. Dimana tempat bersangkutan terdaftar (dalam arti pindah memilih).

“Namun ada perbaikan terakhir daftar pemilih tetap (DPT) ditetapkan pada 18 Februari 2019 yakni DPTHP (daftar pemilih tetap hasil perbaikan) ke-1 sebanyak 45.820 dan sudah diplenokan, data tersebut masih bisa bergeser hingga rekap selesai”, Ujarnya.

Desy Fadillah devisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM mengungkapkan kegiatan pendidikan pemilih ke-9 sekolah di kota Sawahlunto, Pendidikan pemilih perempuan, sosialisasi PKK se-kota Sawahlunto, KPU bersama relawan demokrasi juga mensosialisasikan kepada penyandang disabilitas di 4 kecamatan.

“Kami juga bekerjasama dengan instruktur senam dengan tema sosialisasi ceria. Sosialisasi petani dan tukang ojek dengan memberikan pendidikan politik sangat penting bagi mereka”, imbuhnya.

KPU Kota Sawahlunto pada 20 maret nanti akan mengadakan Konser musik bersama musisi Sumbar Kintani dan pada 7 April akan menggelar acara Pemilu Run.(SN.Anton)

BAGIKAN