KPU Sawahlunto Gelar Sosialisasi Guna Meningkatkan Partisipatif Pemilh

Silletnews.com, Sawahlunto -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto agendakan sosialisasi penyusunan data pemilih dalam upaya peningkatan partisipasi pemilih pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 di Aula Hotel Ombilin, Kota Sawahlunto, kamis (9/8)

Dalam sosialisai tersebut dihadiri oleh perwakilan Partai Politik (Parpol), ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Nova Indra, anggota KPU Provinsi bersama Rika Arnelia, anggota Komisioner Sawahlunto sebagai pemateri.

Ketua KPU Sawahlunto, Fadhlan Armey bersama sekretaris, Bet Mukhardi mengungkapkan agenda ini merupakan upaya KPU dalam meningkatkan partisipasi pemilih untuk perhelatan pileg 2019 nanti.

“Karena itu kami sengaja mengundang PPK dan perwakilan parpol agar dapat bekerja sama dalam meningkatkan partisipasi untuk pileg nanti,” ujarnya.

Dia mengharapkan dengan adanya sosialisasi ini semoga didapat saran atau ide – ide cemerlang dalam meningkatkan partisipasi pemilih hingga menghasilkan data pemilih yang valid.

Diantara materi tersebut, Nova Indra menyampaikan bahwa KPU Sawahlunto harus tepat dalam memilih Panitia Daftar Pemilih (Pantarlih) karena mereka merupakan salah satu kunci kesuksesan dari pemilu.

“Pantarlih harus berdomisili pada daerah TPS itu sendiri. Ketika dia tidak berdomisili disini tentu dia tidak mengenal pemilih dan pantarlih harus bertemu face to face dengan pemilih,” jelasnya.

Dia mengapresiasi pada gemilangnya hasil pilkada Sawahlunto sebelumnya yang dinyatakan berpartisipasi melebihi target Nasional hingga 77,65 persen.

“Saya harap dengan komisioner yang baru dilantik dapat hendaknya meningkatkan partisipasi pemilih untuk pileg 2019 mendatang yang tentunya dengan bekerja sama dengan semua pihak terkait di Sawahlunto ini,” ujarnya. (SN.atn)

BAGIKAN