Polair Polda Kepri Amankan Kapal Bermuatan Barang Ilegal

–, Batam – Kapal patroli (KP) XXXI-2015 Polisi Perairan Polda Kepri Senin (13/6) malam menangkap kapal pembawa rokok dari Singapura tanpa dokumen lengkap di perairan antara Nongsa Batam dengan Berakit Pulau Bintan.

“Iya, patroli Polair Polda Kepri malam tadi mengamankan KM Kencana GT-120 yang membawa muatan ilegal pada perairan antara Pulau Batam-Bintan,” kata Kabid Humas Polda Kepri AKBP Hartono di Batam, Selasa.

Dalam pemeriksaan, kapal tersebut diketahui membawa rokok merek Rexo sebanyak 400 kardus tanpa dilengkapi dokumen-dokumen kapal yang lengkap.

“Dalam pemeriksaan awal, nakhoda kapal tersebut mengaku rencananya barang tersebut akan dibawa ke Thailand. Namun akan terus didalami karena tertangkap di perairan Indonesia,” kata dia.

Selain mengamankan kapal dan barang bukti, kata dia, petugas juga mengamankan Nakhoda berinisial Sr (39) beserta delapan orang anak buah kapal.

“Saat ini seluruh pelaku sedang menjalani pemeriksaan di Polair Polda Kepri, Sekupang Batam untuk memastikan pelanggaran yang dilakukannya,” kata Hartono.

Hartono juga mengatakan untuk mengetahui nilai dari barang-barang yang diduga akan diselundupkan tersebut masih menunggu data lebih lanjut dari Polair Polda Kepri.

Polair Polda Kepri, kata dia, akan terus melakukan patroli untuk mengantisipasi maraknya penyelundupan barang-barang ilegal menuju wilayah Kepri atau sebaliknya menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Anggota dan kapal-kapal patroli Polda Kepri terus melakukan patroli pada seluruh wilayah untuk mengantisipasi segala bentuk kejahatan di perairan,” kata dia.

Dalam beberapa waktu terakhir, Polair Polda Kepri juga menggagalkan upaya penyelundupan minyak ilegal, kayu, dan barang ilegal lain di wilayah Kepri.

(Mb/Antara)

BAGIKAN