Polres Sawahlunto Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata, Sambut Pemilu Serentak 2019

Silletnews.com, Sawahlunto – Polres sawahlunto menggelar apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata 2018 berlangsung dalam rangka pileg dan pilpres 2019, Rabu (19/9/2018) pukul 08.00 WIB, dihalaman Mapolresta Sawahlunto.

Pada apel gelar pasukan, bertindak selaku pimpinan apel, yaitu Kapolres Sawahlunto AKBP Zamrony Wibowo, Sik, Mh, Komandan apel KBO Sat Intelkam IPDA Sugianto, S,Sos.I. Tema Gelar Pasukan Ops Mantap brata 2019 yaitu “Melalui apel gelar pasukan ops mantap brata 2018, kita tingkatkan sinergi Polri, dengan istansi terkait dalam rangka mewujudkan kamdagri yang kondusif”.

Peserta apel gelar pasukan yaitu terdiri dari , 1 pleton TNI, 1 pleton sabhara, 1 pleton sat lantas, 1 pleton staf polres, 1pleton babhinkamtibmas, 1 pleton intelkam reskrim, 1 pleton dishub dan pol pp, 1 pleton senkom dan BPBD, l dan kesehatan.

Dalam amanat, kapolres membacakan amanat kapolri sebagai berikut: Kegiatan ini bertujuan untuk kesiapan personel, sarana dan prasarana, untuk pengamanan pemilihan umum tahun 2019. Kegiatan operasi ini dengan sandi “MANTAP BRATA 2019” yang dilaksanakan selama 397 hari dimulai dari 20/9/2018 sampai dengan 21/10/2019 diseluruh wilayah indonesia dengan melibatkan 272.886 personel Polri.

“Kegiatan ini mengedepankan preemtif dan preventif yang didukung giat intelijen, gakkum, kuratif dan rehabilitasi melalui pergelaran fungsi kepolisian”, ujarnya.

Dalam amanat ini ada beberapa penekanan Kapolri yang disampaikan Kapolresta Sawahlunto, Perkuat soliditas dan sinergi dengan TNI dan Polri guna mewujudkan pemilu aman , lancar dan damai. Jaga netralitas Polri dan TNI, serta hindari tindakan yang dapat mencederai netralitas TNI dan Polri.

“Kedepankan langkah proaktif dengan mengoktimalkan deteksi dini guna mengetahui dinamika yang berkembang untuk selanjutnya dilaksanakan upaya pencegahan dan penanganan secara dini”, imbuhnya.

Dorong seluruh seluruh elemen KPU, Bawaslu, caleg, parpol dan massa pendukung, pemda, media untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diemban. Gelorakan pemilu damai dimasing-masing wilayah dengan mengikutsertakan elemen-elemen yang terlibat dalam pemilu.

“Susun rencana pengamanan secara detail dan laksanakan latihan pada setiap pengamanan termasuk dalam menghadapi situasi kontijensi. Lakukan gakkum secara profesional dan proposional baik terhadap dugaan Tindak pidana pemilu, melalui sentra gakkumdu, maupun potensi pelanggaran hukum lainnya”, pungkasnya.

Apel gelar pasukan ini dihadiri Unsur Muspida kota sawahlunto, diantaranya Walikota sawahlunto , ketua DPRD , Ketua Kejaksaan kota Sawahlunto, ketua Pengadilan kota Sawahlunto, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Kasatpol PP, Kesbangpol dan pejabat polres sawahlunto, kegiatan berjalan aman dan lancar.(Rilis Humas)

BAGIKAN