PT Smart Desa Indonesia Didukung Produk Software yang Efektif dan Efisien

Silletnews.com, Padang – Lahirnya undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa menjadikan pembangunan di desa tidak lagi dapat diabaikan dan dipandang sebelah mata. Dengan demikian, proyeksi pembangunan Desa tidak lagi diabaikan sehingga diharapkan aparatur pemerintah Desa dapat memahami, mengerti dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Meski sudah berjalan empat tahun tetapi perkembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam mendorong kesejahteraan masyarakat melalui unit usaha yang dibangunnya, masih jauh dari harapan. Ribuan desa bahkan masih belum mendirikan lembaga ini.

Untuk itulah PT Smart Desa Indonesia (SDI) didirikan hadir untuk membantu program pemerintah dalam meningkatkan keterampilan dan keahlian aparatur pemerintah khususnya pemerintah desa dalam memberikan pelayanan publik yang responsif transparan efektif dan efisien.

Tuntutan untuk lebih profesional dan inovatif mendorong kami untuk membangun perusahaan ini yaitu Trainee, Konsultan, Sistem dan Media sehingga mampu mewujudkan apa yang diamanatkan dalam Undang-undang Desa.

”Kami menyimpulkan bahwa dibutuhkannya SDM pikir yang yang didukung oleh produk software yang efektif dan efisien untuk dijalankan tanpa melalui prosedur yang berbelit-belit sekaligus bagaimana cara mudah sedang bekerja tanpa membutuhkan waktu yang lama untuk belajar dan istimewa,” jelas Adi Rahmatsyah Direktur Utama PT SDI saat acara Launching PT SDI di Hotel Kryad Bumi Minang, Padang, Senin (28/1).

Adi menjelaskan PT SDI bertujuan untuk mewujudkan Smart Solution Integrated Sistem melalui teknologi informasi dan komunikasi lewat program edukasi yang handal, efektif, efisien dan siap untuk membawa program-program yang sederhana namun sangat berguna untuk masyarakat di pedesaan menuju Desa cerdas, desa mandiri masa kini.

Adanya kerjasama yang kami lakukan dengan berbagai pihak membuat software desa melangkah lebih jauh ke depan dengan lebih cepat dan terus mengalami permintaan produk dan memberikan solusi kepada pemerintah daerah sehingga lebih mudah dijalankan, transparan, efesien dan efektif.

Adi mengatakan, PT SDI membantu program pemerintah desa dalam rangka mengembangkan produk Bumdes seperti Bank Desa, Pelatihan dan Pengembangan Bumdes, Aplikasi Keuangan Bumdes, Sistem Digital Marketing Bumdes, e-Commerce Bumdes dan Platform Digital Solusi Bumdes.

“PT SDI tidak berorientasi pada bisnis semata melainkan sebagai wadah kreatif agar terwujud kesejahteraan masyarakat desa, BUMDes, dan tentu DESA itu sendiri. SDI bekerja dengan mengoptimalkan pemanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan pendampingan serta pelatihan yang maksimal”, ujarnya menegaskan.

Turut hadir saat Launching Komisaris PT SDI Pitroki, Indra Sukriani Putra Manager Operasional dan Marketing, Sutardi Software Indonesia (Sofindo), Yani Setiadiningrat Sekdes Desa Ponggok Klaten Jawa Tengah, Marlinda Kasi PMD Sumatera Barat serta undangan dari berbagai daerah di Sumbar. (SN.Anton)

BAGIKAN