Rem Blong, NHTSA Periksa Harley-Davidson

National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) kembali melakukan pemeriksaan terhadap Harley-Davidson (HD). Hal ini karena seorang seorang pengendara brand motor itu yang tak disebutkan namanya, komplain karena rem motornya gagal berfungsi tanpa ada gejala terlebih dulu.

Akibatnya ada 430 ribu HD dengan racikan tahun 2008-2011 yang diperiksa terkait kasus ini. Model-model yang diperiksa merupakan sepeda motor yang telah dilengkapi dengan rem ABS (anti-lock braking system).

Pengendara melaporkan rem depan maupun belakang tidak bekerja, menyebabkan seorang menabrak pintu garasi. NHTSA mengatakan menerima 43 aduan, tiga diantaranya menyebabkan kecelakaan dan dua menyebabkan cidera.

Dituliskan Foxnews, NHTSA mengatakan kemungkinan pengendara yang mengadukan masalah ini tidak memperhatikan masa pakai minyak rem. HD sendiri memang merekomendasikan penggantian minyak rem setiap dua tahun sekali.

Minyak rem yang terlalu lama tak dikuras kemungkinan merusak katup pada sistem ABS. Hal inilah yang menjadi konsen pada penyelidikan kasus ini.

Pabrikan yang bermarkas di Milwaukee ini pun mengatakan memperhatikan hasil pemeriksaan dan akan kooperatif dengan NHTSA terkait data yang dibutuhkan.

Sesuai dengan regulasi, badan NHTSA punya tugas untuk mengawasi kendaraan-kendaraan yang tidak memenuhi standar keamanan bagi penumpangnya. Termasuk kegagalan komponen yang terdapat di dalamnya.

(UDA)

BAGIKAN