Sidang Paripuna Diawali Peringatan Hari Jadi Kota Sawahlunto ke 130

Silletnews.com, Sawahlunto – Selamat hari jadi kota Sawahlunto yang ke 130, Pagi 1 Desember 2018, Sidang Paripurna mengawali peringatan 130 tahun berdirinya Kota Sawahlunto.

Adi Ikhtibar Ketua DPRD mengatakan di usia kota saat ini adalah saatnya untuk meretas jalan menjadi pelopor pemerintahan birokrasi yang bersih, sehingga ketika masyarakat bertanya tentang keberhasilan pembangunan, kita dapat menjawab dengan bukti-bukti yang nyata.

Ketua DPRD juga mengajak untuk menapak tilas perjuangan merintis Kota 130 tahun silam, sehingga peringatan Hari Jadi Kota diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta, rasa memiliki, tanggungjawab dan partisipasi membangun kota.

“Kita doakan semoga jasa dan pengabdian para perintis dan pejuang kota ini akan menjadi amal saleh disisi Allah SWT” ungkap Adi Ikhtibar saat memimpin sidang yang dihadiri berbagai elemen Kota, perantau serta perwakilan dari beberapa Pemerintah daerah.

Pada sidang tersebut Ketua LKAAM Kota H.Adi Muaris membacakan perjalanan sejarah kota yang berawal dari penemuan potensi batubara oleh ahli geologi Belanda Ir.De Greef hingga kota ini menjadi Pemerintahan Administratif yang dipimpin oleh Walikota pertamanya Ir. Ahmad Nurdin, kemudian Walikota kedua Drs.H Saimuri WS, Walikota ketiga Drs Nurafli Salam, Walikota keempat Drs. H Rahmat Syah, Walikota kelima Drs. Soebari Soekardi, Walikota keenam Ir.H Amran Nur dan Fauzi Hasan (2003-2008), kemudian Amran Nur dan Erizal Ridwan (2008-2013) kemudian Walikota dan Wakilnya Ali Yusuf dan H.Ismet (2013-2018).

Hingga saat ini Kota yang berusia 130 tahun ini dipimpin oleh pemimpin muda Deri Asta dan Zohirin Sayuti. (SN.Atn)

BAGIKAN