Wales Lampaui Inggris di Peringkat FIFA

Jakarta, — Pencapaian istimewa Wales di Piala Eropa 2016, membuat kemajuan pesat bagi negara Britania Raya itu. Sang Naga meroket di peringkat FIFA per 14 Juli ini.

Skuat asuhan Chris Coleman naik 15 peringkat ke posisi 11. Tak kalah mengejutkan, Wales melampaui posisi Inggris yang berada di posisi ke-13.

Inggris yang sempat diunggulkan, tersingkir lebih awal dari tim-tim kuat lainnya di babak 16 Besar. Three Lions kalah 1-2 dari Islandia.

Dua setrip di atas Three Lions masih ada Uruguay (peringkat 12) dan Wales. Gareth Bale dan kawan-kawan melesat di peringkat FIFA setelah mereka sukses menembus hingga fase semifinal Piala Eropa 2016.

Di semifinal, Wales kalah dari Portugal 0-2, di Parc Olympique Lyonnais, Rabu (6/7) malam waktu setempat.

Negara satu kawasan dengan Wales, Irlandia Utara, justru turun dua peringkat ke posisi ke-28 peringkat FIFA. Sedangkan Skotlandia terjun bebas di posisi 60 setelah gagal kualifikasi Piala Eropa 2016.

Sementara Portugal naik dua peringkat ke posisi keenam usai merengkuh trofi Piala Eropa 2016.

Perancis yang hanya berpredikat sebagai runner-up pesta bola Benua Biru justru melejit 10 peringkat. Les Bleus kini menikmati posisi mereka di peringkat ketujuh, persis di bawah Portugal.

Sedangkan semifinalis Piala Eropa 2016, Jerman, tetap berada di posisi seperti bulan sebelumnya, peringkat keempat.

Praktis di peringkat empat besar memang tidak ada perubahan posisi. Posisi puncak masih dikuasai Argentina dengan 1585 poin.

Argentina sendiri gagal memenuhi ambisinya untuk menjuarai Copa America Centenario, sekaligus revans atas Chile.

Sementara Belgia juga menduduki posisi kedua. Belgia tersingkir di perempat final Piala Eropa 2016 setelah kalah dari Wales 1-3. (bac)

BAGIKAN